Sabtu, 17 Desember 2011

Tips Untuk Menjadi Dancer:


 ''SELAMAT MEMBACA DAN MEMPELAJARI"
dance adalah lebih dari sekedar olahraga. Dibutuhkan bukan hanya sekedar tampang keren, butuh banyak latihan dan kerja keras. tapi klo lu punya bakat yang tepat, kepercayaan, dan kesabaran, kamu bisa mencapai apapun yang lu inginin.
  1. Pastikan bahwa hal ini adalah hal yang benar-benar ingin lu lakukan. Dibutuhkan banyak semangat dalam dance, apakah lu ng dance hanya sebagai hobi, atau klo lu mw suatu hari nanti jadi seorang profesional. klo lu mw jadi seorang profesional, lu mungkin harus menghentikan aktivitas olahraga lain dan ekskul untuk menjadwalkan latihan yang benar. Ingat dance itu sendiri adalah bagian dari olahraga dan untuk dance dibutuhkan banyak energi setiap harinya.
  2. Tentukan aliran dance apa yang lebih lu nikmati. Apakah itu balet, disko, tap, jazz, swing, hiphop, breakdance, pointe, modern, atau bellydancing ataupun tarian tradisional. Hanya saja pastikan untuk memilih satu jenis yang sesuai dengan gayamu.
  3. Cari bimbingan. pelajarin terus gerakan-gerakan dancernya, belajar lah menari di school dance yg terpercaya, mencari seorang tutor, dapatkan tips dari teman/profesional dan lain-lain.
  4. Percobaan. Berdirilah di depan cermin, pasang lagu favorit lu, dan gerakkan tubuh lu! Lakukan latihan gerakan yang berbeda pada setiap bagian badanmu. Pastikan transisi dari setiap gerakannya teratur.
  5. Cari school dance mulai dari gelanggang pemuda setempat sampai dengan sekolah independen yang lebih intens. lo lu berencana untuk menjadi penari profesional dimulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi lebih baik kamu mencari sekolah khusus dance. Bicaralah dengan penari lain di sekeliling lu serta guru masing-masing sekolah untuk membantumu memilih salah satu yang terbaik untukmu.
  6. Daftarlah sebanyak mungkin jadwal kelas dance. Ingat bahwa adalah hal yang penting untuk memiliki dasar-dasar  lalu dilanjutkan cabang ke kelas lain, lu ga perlu ngambil setiap kelas yang ditawarkan, dan lu dapat untuk mendaftar beberapa kelas dance lainnya kapanpun. Bicaralah dengan guru dance lu dan memintanya untuk merekomendasikan kelas dan untuk mengevaluasi level dance lu. Semakin sering lu berlatih, semakin baik hasil yang akan lu dapatkan. klo lu kurang mampu untuk mendaftarkan diri di kelas-kelas dance, lu bisa juga mendapatkan pengetahuan tentang dance dari temen'' yang punya pengalaman dance dan pasti dia akan ngajarin lu teknik dance yang baik. tapi, klo lu emang berencana untuk menjadi seorang dancer profesional, lu perlu untuk mengambil pelajaran dari sebuah sekolah ternama.
  7. Stretching. Hal yang sangat penting dalam dunia tari adalah, semakin sering lu melakukan peregangan, semakin lu akan meningkatkan fleksibilitas lu. lu memang akan melakukan peregangan setiap hari di kelas, tetapi lu mungkin ingin menambahkan peregangan ketika lu bangun atau sebelum lu pergi tidur untuk meningkatkan fleksibilitas, tetapi pastikan ruangan lu cukup hangat sehingga tidak merugikan diri sendiri. klo lu punya ruangan sendiri, mungkin lu bisa menempatkan matras di suatu sudut dalam rumahmu, akan lebih baik lagi jika di ruangan dengan lantai kayu.
  8. Latihan. Pada saat lu sudah punya dan nguasain style dance lu, nguasai pelajaran lu, dan memilih gerakan terbaik yang sesuai dengan tubuh lu, you need to put that knowledge into action! Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah menari freestyle di dalam kamar tidurmu, dan kemudian jika nilai dance lu berada di level rata-rata, datangi acara pesta di sekolah, show off and just enjoy yourself!
  9. Sehat baik secara mental dan fisik. dance adalah cabang olahraga yang sangat menuntut. Jadi penting untuk lu untuk makan makanan yang sehat dan seimbang dan menghindari dehidrasi. klo sudah merasa kewalahan, bicaralah dengan guru lu dan tanyakan apakah ada kemungkinan untuk istirahat.
  10. Daftarkan diri lu untuk sebuah kompetisi dance. Sekarang setelah lu belajar keterampilan baru, dan kemampuan lu sudah diatas teman-temanmu, saatnya untuk membuat sebuah gebrakan! Apakah nanti lu akan menang atau kalah, yang penting kamu adalah seorang pemenang dalam dirimu sendiri karena ttelah mencapai mimpimu!
  11. Seimbangkan jadwal lu. lu bisa aja dance hingga empat jam sehari, tapi ingat untuk menjadwalkan waktu lu dengan baik. Pastikan lu mampu melakukan pekerjaan rumah lu setiap malam. Jangan lupa luangkan waktu untuk teman-temanmu yang tidak mengambil kursus dance sama lu. dance dapat mengambil alih hidupmu, tapi ingat bahwa lu harus menjadi orang yang fleksibel. klo lu tidak berencana untuk menjadi seorang profesional, dan hanya menari untuk kesenangan, tidak perlu meluangkan banyak waktu dalam latihan menari.
  12. Bicaralah! klo lu tidak mengerti apa yang lu lakuin, mintalah bantuan, lu tidak akan mempelajarinya dengan hanya berdiri di sudut ruangan dan menonton! Selalu diskusikan dengan guru lu klo lu mengalami masalah.
  13. Know that it is going to be hard. Belajarlah untuk membedakan antara rasa sakit yang "baik" dan "buruk". dance bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi tidak harus menyakitkan sepanjang waktu dan seharusnya menyenangkan! Jika sudah sampai ke titik dimana lu tidak merasa senang sama sekali, berhentilah. Hal ini menjadi tidak layak jika lu tidak merasa bahagia.
  14. Never just dance the steps. Resapi dan jiwai musik dan tariannya. Jika tarian itu diiringi dengan musik yang upbeat, buatlah gerakan yang tajam, dan senyum! Jika tarian sedih atau emosional, gunakan ekspresi wajahmu untuk membimbing tarianmu. Hal-hal tersebut membuat setiap tarian akan menjadi jauh lebih baik.
  15. Dan jangan lupa untuk membuat gerakan yang besar and dramatis!!
  16.  klo lu ngerasa cukup mnguasai beberapa aliran, lu patut banga, tpi klo ada di sekitar lu seorang dance yg mau untuk membagi pengalamannya untuk lu sesama dancer seperti dia, jgn malu,segan,gengsi,males, atau apapun yg buat lu sombong/ gamau share dgn mereka yg punya pengalaman-pengalaman dan,,
  17. yg terakhir, jgn pernah ngerasa PUAS dgn apa yg lu lakuin dgn gerakan yg itu-itu aja,
SEORANG DANCER , MEMPELAJARI DANCE, UNTUK MENGHIBUR PENONTON BAHWA INILAH ESTETIKA ''KEINDAHAN'' DARI GERAKAN DANCE, JDI BUKAN UNTUK PAMER KPADA PENONTON BHWA MERAKA MENONTON LU KRNA GAYA LU OK.. BUKAN PAMER YG ADA DI FIKIRAN DANCER PROFESIONAL,..     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar